Sering penasaran gak sih, apa yang terjadi pada otak ketika kita baca buku? Ternyata ada fakta-faktanya, lho. Yuk, simak selengkapnya artikel ini, yaa~

Membuat gambaran di pikiran

Ketika kamu membaca, otak akan mengizinkan untuk membuat dunianya dalam pikiran kita. Dan ketika kita membaca satu kalimat, maka otak otomatis membawa gambaran-gambaran objek ke dalam pikiran kita.

Membuat gambaran di pikiran
sumber: dokumentasi Mizanstore

Membaca sama dengan mengalaminya

Ketika kita membaca, otak tidak membuat perbedaan nyata antara membaca dan benar-benar menjalaninya. Itulah sebabnya kita sering merasa benar-benar masuk dalam sebuah cerita ketika membaca.

Membaca sama dengan mengalaminya
sumber: dokumentasi Mizanstore

Membaca mengubah struktur otak

Dalam program 6 bulan membaca tiap hari dari Carnegie Mellon, peneliti telah menemukan bahwa volume materi putih yang ada dalam area bahasa di otak ditingkatkan.

Membaca mengubah struktur otak
sumber: dokumentasi Mizanstore

Membaca menjadikan kita seorang yang berempati

Membaca membuat kita merasakan apa yang dirasakan oleh karakter dalam cerita. Ini menjadikan kita lebih berempati pada orang-orang di kehidupan nyata dan lebih peduli pada kehidupan orang lain.

Membaca menjadikan kita seorang yang berempati
sumber: dokumentasi Mizanstore

Nah, itu dia ternyata yang terjadi pada otak ketika kita membaca. Udah mulai kebayang ‘kan gimana otak memproses ketika kita baca buku? Yuk, share ke teman-teman kamu juga biar semakin banyak yang tau~

Jangan lupa untuk lengkapi buku-buku koleksi kamu dari mizanstore.com atau Mizanstore di marketplace kesayangan kamu, yaaa~

 

Gendhis Savitri/ Content Writer Mizanstore

Bagikan ke Sekitarmu!
Ini yang Terjadi pada Otak Ketika Baca Buku