Mengulik bahasa Indonesia itu selalu seru, ya. Apalagi sekarang banyak sekali padanan kata baru dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Jadi kita bisa pakai dari bahasa kita sendiri. Nah, beberapa kata baru ini sudah ada di KBBI, lhoo. Apa aja sih katabaru itu? Yuk, simak selengkapnya~

Nirsentuh

Kalau biasanya kita dengar kata untouched yang artinya tanpa bersentuhan, sekarang sudah ada bahasa Indonesianya, lho. Padanan katanya adalah nirsentuh. Jadi sekarang kalau kamu mau ngomong tentang sesuatu tanpa bersentuha, kamu bisa pakai kata nirsentuh, yaa.

Nirsentuh; tanpa bersentuhan
dokumentasi Mizanstore

Trailer

Sekarang kata trailer sudah resmi jadi ada di bahasa Indonesia, lho. Biasanya kata trailer digunakan untuk istilah cuplikan adegan film untuk dipromosikan. Gunanya biar orang-orang makin penasaran dengan film itu. Ingat gak kamu udah nonton berapa trailer bulan ini? Hehe.

Trailer: cuplikan adegan dalam film yang dipromosikan
sumber: dokumentasi Mizanstore

Webtun

Kamu suka baca komik daring gak, sih? Nah, kata webtoon sekarang sudah ada padanannya dalam bahasa Indonesia, lho, yaitu webtun. Jadi sekarang kamu bisa pakai kata webtun untuk menjelaskan komik-komik yang kamu baca secara daring, yaa~

Webtun: komik serial yang dipublikasikan secara daring
sumber: dokumentasi Mizanstore

Karees

Kata karess ini berarti sisi sungai yang banyak pasir. Nah, kamu yang hobi banget main di alam terbuka, pasti sering nih main-main di karees.

Karees: sisi sungat yang banyak pasir
sumber: dokumentasi Mizanstore

Kilera

Siapa nih yang kayak aku? Baru tahu kalau ada istilah buat benih padi yang sudah tua? Hehe. Kata untuk padi itu adalah kilera.

Kilera: benih padi yang sudah tua
sumber: dokumentasi Mizanstore

Boga-boga

Kata baru selanjutnya di KBBI adalah boga-boga. Artinya orang yang tidak sanggup lagi bekerja karena menderita penyakit.

Boga-boga: orang yang tidak sanggup lagi bekerja karena menderita penyakit
sumber: dokumentasi Mizanstore

Nah, itu tadi kata-kata baru di KBBI, yaa. Mana nih yang paling sering kamu dengar? atau yang baru kamu tahu? Yuk, share juga ke teman-teman kamu ya, biar bahasa Indonesia makin populer di masyarakat Indonesia 🙂

 

Gendhis Savitri/ Content Writer Mizanstore

Bagikan ke Sekitarmu!
Tambah Lagi! Ini Kata Baru yang Ada di KBBI
Tag pada: